Senin, 10 November 2008

Terminology Multimedia Player

1.Equalizer
Fungsi untuk memperbaiki output suara yang dihasilkan MP3 Player. Kebanyakan MP3 Player hanya menyediakan preset EQ dengan beberapa pilihan.

2.FM Range
Range frequency gelombang FM yang mampu diterima oleh tuner radio. Di Indonesia, FM range yang digunakan adalah 87-108 MHz.

3.Hold Button
Tombol/switch yang berfungsi mematikan fungsi tombol lainnya. Mencegah MP3 player aktif tanpa diinginkan, saat sedang disimpan dalam tas atau kantong. Analogi fungsinya seperti keypad lock pada ponsel.

4.MP3
MPEG-1 Audio Layer 3 atau lebih dikenal sebagai MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman Karlheinz Bradenburg. MP3 memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). MP3 mengurangi jumlah bit data dengan menggunakan model psychoacoustic (menghilangkan suara yang tidak terdengar manusia).

5.MPEG
MPEG (Motion Picture Expert Group) adalah nama organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan standar pengodean citra bergerak (seperti video). Beberapa standar yang dikembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3.

6.Stereo
Stereo dalam dunia audio mengarah kepada reproduksi suara, yang menggunakan lebih dari satu aliran audio, melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris agar menimbulkan kesan suara alamiah.

Tidak ada komentar: